Cara Mengatasi Komputer Yang Tidak Bisa Konek Ke WiFi

WiFi merupakan jaringan Internet yang bisa digunakan lebih dari satu orang. Bahkan untuk kalangan anak-anak maupun orang dewasa jaringan yang luas ini sudah tidak asing bagi telinga mereka. Kegunaan WiFi bagi kalangan Netizen ini tentunya untuk menjelajahi dunia Internet dari sosial media sampai nonton online. Dan mereka memanfaatkan WiFi ini di berbagai perangkat seperti Smartphone, Tablet, Laptop, Komputer, PlayStation 4 dan masih banyak lainnya. Dan disini saya akan memberi sebuah tips tentang Wifi yang tidak bisa tersambung pada perangkat Komputer/Laptop karena biasanya kedua perangkat itu sering bermasalah dan sukar bagi pemula untuk mencari tahu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi agar WiFi mereka bisa digunakan kembali.

Perlu diketahui bahwa perangkat PC maupun Laptop sedikit lebih spesifik dan dibedakan secara terpisah mana bagian yang bisa digunakan untuk menyambungkan perangkat tersebut dengan WiFi yang tersebar di sekitarnya. Jika kamu mengalami kerusakan yang mengakibatkan PC kamu tidak bisa terkonek dengan WiFi mungkin inilah penyebabnya:




1. PC Tidak Memiliki Hardware Konektivitas WiFi

Setiap perangkat PC terkadang memang tidak dibekali dengan yang namanya Hardware yanng memungkinkan PC kamu tersambung secara otomatis ke WiFi yang ingin kamu sambungkan. Berbeda dengan perangkat Laptop atau Notebook, PC harus menyuntik sebuah alat agar PC kamu bisa terkonek dengan WiFi


2. Tidak Ada Driver Yang Support

Driver merupakan sebuah software pokok agar proses penggunaan jaringan WiFi ataupun HotSpot terjadi. Didalam sebuah Driver memang memiliki jenis-jenis dan kegunaan yang berbeda seperti Driver untuk Audio, Bluetooth, Keyboard, dan masih banyak lainnya. Kemungkinan Driver yang kamu gunakan untuk WiFi ini belum diinstal atau memang tidak support.


3. Perangkat WiFi Error

Jangan terburu-buru menyimpulkan kalau PC kamu rusak  karena tidak bisa konek ke WiFi, cobalah lihat baik-baik indikator Router WiFi milik kamu, kalau lampu indikator WiFi yang seharusnya menyala jadi tidak menyala kemungkinan besar memang Router WiFinya yang sedang terjadi gangguan. Atau jika kamu sedang menumpang dan tidak sempat maka cobalah di perangkat Smartphone kamu, disana juga bisa membuktikan bahwa WiFi nya sedang error atau tidak.



Jika kamu mengalami hal seperti itu, cobalah gunakan tips berikut:


1. Gunakan Hardware Tambahan

Hardware tambahan disini digunakan bagi kamu yang memang PC nya problem sejak awal beli atau setelah Install ulang. Biasanya alat yang bisa digunakan tersebut bernama TP Link, kamu bisa mendapatkan alat itu di toko-toko komputer terdekat. Cara pemakaian dari TP Link ini juga bisa dibilang mudah karena pada dasarnya kamu hanya perlu menyolokkan TP Link tersebut pada Port USB yang tersedia di depan atau belakang CPU kamu. Jika hal itu sudah kamu lakukan, jangan lupa Install Drivernya, Driver bisa kamu dapatkan dan mengunduhnya di Internet dengan seri tipe TP Link yang tersedia di permukaan Alat tersebut misalnya dengan tipe TP Link WN-727N.


2. Install Driver Konektivitas

Driver juga perlu digunakan karena jika Driver ini tidak ada maka PC kamu tidak akan bisa tersambung ke jaringan WiFi. Kasus ini biasanya dialami oleh kalangan pemilik Laptop ataupun Notebook. Karena untuk perangkat kedua itu biasanya memang sudah dilengkapi oleh Hardware yang dikhususkan untuk menyambungkan WiFi secara otomatis. Biasanya hal ini terjadi paska Install Ulang ataupun barang baru dibeli. Solusi untuk masalah ini ialah Install Driver WiFi untuk jenis PC atau Laptop kamu. Misalnnya kamu tidak ingin ribet, Download saja All Driver atau Driver untuk semua perangkat, hanya saja ukurannya sekitar 12 GB dan kamu bisa mencarinya dengan keyword Driver Pack.


3. Gunakan Kabel LAN

Kalau kamu memang punya router WiFi sendiri atau bisa dibilang tidak numpang, coba gunakan kabel LAN yang sudah disediakan karena biasanya jika dirumah kamu memasang sebuah jaringan Internet selalu disediakan kabel LAN nya. Kalau memang tidak ada coba beli ditoko komputer. Biasanya kabel ini berukuran 0.5 meter sampai 1 meter dan berwarna kuning.


Oke itu saja yang bisa saya sebutkan, jika ketiga diatas masih memang tidak bisa coba tekan F8 atau tombol F yang memiliki simbol WiFinya. Mungkin itu bisa berpengaruh juga, atau kamu juga bisa masuk ke menu Manage Service dan coba cari disana. Semoga bermanfaat :)


Previous
Next Post »

9 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
April 3, 2017 at 5:50 AM delete

mantap penjelasannya mendalam, kayanya laptop saya belum terinstal drivernya

Reply
avatar
Savana
AUTHOR
April 3, 2017 at 6:11 AM delete

Ane suka error juga sih saat mau connect wifi, pad banget sama post ini

Reply
avatar
arsyad
AUTHOR
April 4, 2017 at 5:05 AM delete

Info magus nih mas moga sukses

Reply
avatar
7Clue
AUTHOR
April 7, 2017 at 7:33 PM delete

rupanya salahku karena tidak menginstal driver, wah wah kirain adapthernya rusak :D aku cobain cari drivernya gan

Reply
avatar
Sisca Thania
AUTHOR
April 7, 2017 at 7:45 PM delete

laptop ane gabisa konek ke wifi udah sebulan, awalnya bisa tapi sekarang ngga. udah dicoba di install ulang tapi ttep juga gabisa. ada apa ya sebenarnya, sekarang saya pake kabel lan untuk konek. kalo saya minta dibenerin wifinya doang ke tukang servis biasanya mereka langsung bilang 'diinstall ulang aja' gitu terus. mohon solusinya gan. maaf curhat hihi

Reply
avatar
Arta Gunawan
AUTHOR
April 7, 2017 at 10:59 PM delete

Untung ane gak pernah error klo konek wifi hehehe:-)

Reply
avatar
Sanian Music
AUTHOR
April 17, 2017 at 10:35 PM delete

Mantp, untuk wifi yang ada silang merahnya gimana gan sulusinya?

Reply
avatar
Kaze PC
AUTHOR
April 18, 2017 at 12:26 AM delete

Biasanya itu karena Driver nya gan. Coba install dulu Driver dengan tipe PC agan.

Reply
avatar
Kaze PC
AUTHOR
April 18, 2017 at 12:27 AM delete

Install Driver nya coba gan, kalo untuk PC dia gak punya komponnenya, jadi mending beli TP LINK tuh

Reply
avatar