Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Install Ulang Windows

Kamu baru saja Install Ulang Windows? Upgarde? Downgrade? Kalau sudah melakukan hal yang berbau Install Ulang pokoknya kamu jangan sampai kelewatan apa yang harus dilakukan setelah kita berhasil Instal ulang PC/Laptop kalian masing-masing. Biasanya kalau kalian suka yang berbau IT dan Komputer kalian akan mencoba untuk menginstal ulang windows sendiri daripada instal ulang di toko yang notabenenya harus menghabiskan uang saku kalian kurang lebih Rp. 75.000 keatas. Padahal kan install ulang doang, kok mahal ya? Ya mereka punya alasan tersendiri mengapa pihak toko selalu menerapkan harga tersebut sebagai patokan harga seperti hal-hal yang tidak bisa dilewatkan atau penting setelah paska instal ulang. Dan bagi kalian yang suka instal ulang sendiri jangan sampai PC/Laptop kalian hang karena tidak melakukan 'beberapa hal' yang harus kalian lakukan setelah instal ulang.

Berikut beberapa penjelasannya:


1. Install Driver Komponen PC/Laptop

Driver merupakan sarana penghubung antara hardware dan pengguna sang PC. Dalam Driver ini berisikan berupa aplikasi/software yang berisikan penghubung antara si Pengguna dengan Hardware yang terkait. Misalnya Bluetooth, VGA, Speaker, WiFi, agar semua itu berjalan lancar kalian harus menggunakan Driver, dan Driver tersebut harus berasal dari Driver asli dan khusus untuk perangkat PC/Laptop kalian. Jika kalian memiliki Laptop ASUS X455L kalian juga harus mencari beberapa driver tersebut dengan jenis yang sama agar semua hardware bisa kompetable secara sempurna. 

Jika misalnya sehabis install ulang kalian tidak menginstal Driver, jelas PC kalian tidak akan berfungsi dengan normal dengan tidak bisanya WiFi, Speaker, dan hal yang sejenisnya. Jika kalian bingung harus mencari Driver yang cocok dengan PC kalian, kalian bisa mengunduh sebuah File bernama Driver Pack. Driver Pack tersebut berisikan lengkap Driver yang tersedia bagi PC kalian, hanya saja File tersebut berisikan size yang besar antara sekitar 11 GB sampai 13 GB.


2. Anti Virus

Yang satu ini jelas juga sangat penting, kalau kalian sudah selesai dengan masalah Driver kalian jangan sampai melupakan yang satu ini. Anti Virus merupakan sarana yang terpenting bagi kesehatan PC kalian, jika PC kalian sudah terkenal virus, malware atau sejenisnya kalian akan sangat kesulitan karena setiap kalian meng 'klik' sesuatu kalian akan mendapati sesuatu yang muncul di monitor kalian. Oleh karena itu kalian harus menginstall Anti Virus pilihan kalian, dan bagi saya sendiri Anti Virus yang bisa terjamin kebagusannya ialah Kaspersky atau AVG. Kedua itu paling bagus jika untuk digunakan dalam pemberantasan Virus. Dan pribadi saya kalau tidak mau repot kalian cukup memilih Kaspersky sebagai Anti Virus di PC kalian. Tapi jangan sampai lupa, jangan sampai kewaspadaan kalian terhadap PC justru malah menginstal dua anti virus sekaligus. Hal itu justru akan memperlambat kinerja PC kalian.


3. Software

Yang ketiga adalah Software, Software disini berisikan beberapa aplikasi PC yang penting untuk kegiatan sehari-hari kamu. Biasanya Software yang harus kalian miliki adalah Browser seperti Chrome, Firefox, UC Browser dan yang lainnya.  Kenapa harus browser? Karena browser merupakan sarana pokok yang harus dimiliki jika kalian bekerja sampingan atau memang sudah terbiasa dengan Internet. Selain browser kalian juga harus memiliki Software Maintenance untuk PC diantaranya  CC Cleaner, software tersebut bisa mengurangi bahkan menghilangkan sampah-sampah yang tidak berguna, dan hal itu jelas akan memaksimalkan kinerja dari PC kalian. Yang selanjutnya adalah Uninstaller, biasanya Unistaller bawaan windows tidak terlalu mengupas tuntas hasil Uninstall sebuah software yang sudah terpakai lagi. Dan salah satu software Uninstaller terbaik adalah IOBit Uninstaller. Dan yang terakhir adalah Pemutar Video dan Audio, jika kalian jenuh kaliah bisa menggunakan beberapa software seperti VLC dimana software tersebut bisa digunakan secara ganda baik untuk Video ataupun Audio.


4. Office

Yang satu ini jangan sampai ketinggalan ya! Office juga merupakan sarana terpenting bagi kalian yang suka mengerjakan tugas kuliah atau tugas anak sekolahan. Kalau tanpa Office, kalian akan kesulitan karena tidak akan bisa mengedit beberapa teks atau menginput sebuah gambar yang diperlukan. Usahakan bagi kalian jika ingin menginstall sebuah Office, kalian harus memilih versi yang terbaru misalnya Microsoft Office 2015 ataupun Microsoft Office 2013. Saya sendiri masih nyaman dengan Office 2013 karena tampilannya yang menarik dan sederhana untuk digunakan. Kalian juga tidak perlu khawatir karena biasanya pengaturan yang kita tulis di Office 2013 akan berbeda jika sang pemilik Warnet atau tempat Print memiliki Office 2003 atau 2007 karena kebanyakan dari mereka sudah mengupdate Officenya dan minimal itu Office 2013.


5. Defrag 

Hampir mirip dengan CC Cleaner, salah satu software Defrag yang satu ampuh untuk memaksimalkan kinerja Hardisk kalian adalah Auslogic Disk Defrag. Software tersebut diketahui ampuh untuk mendefrag Hardisk kalian yang sering kali error. Fungsi dari Software yang satu ini adalah memaksimal kinerja Hardisk kalian karena biasanya Hardisk kita selalu digunakan untuk menyimpan sebuah data lalu menghapusnya. Hal tersebut bisa berakibat buruk terhadap Hardisk. Oleh karena itu kita harus melakukan perawatan rutin agar Hardisk kita tetap sehat dan masih bisa menikmati lancarnya sebuah PC tanpa ada lag atau macet.


Nah bagaimana? Pokoknya jangan sampai kelewatan ya dengan kelima yang sudah saya sebutkan diatas. Kalau sampai ada yang terlewat mungkin kalian akan kerepotan sendiri karena setelah install ulang kalian tidak menginstall apa yang sudah saya sebutkan diatas. Dan jangan salah pengertian karena kalau kalian Install Ulang di toko kemungkinan hal-hal seperti Driver sudah lengkap tapi sesuatu yang masih kurang misalnya Office yang jadul, dan beberapa software yang jadul selalu terinstall dalam PC kita. Selain itu Anti Virus yang tersaji juga anti virus abal-abal dan software pen-defragpun tidak ada. Makanya kalian harus memperhatikan semua itu, salah sehat pengguna PC!
First

4 comments

Write comments
admin
AUTHOR
November 30, 2016 at 11:51 PM delete

wah langkah terkahir jarang ane lakuin gan hehe

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
December 1, 2016 at 12:38 AM delete

Kalo saya mah anti virus ga usah gan, saat instal game banyak dianggap virus :v

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 1, 2016 at 5:06 AM delete

sarannya sangat bermanfaat gan

Reply
avatar