Cara Bermain Game Nintendo Pada Android & PC

Selamat siang sobat Kaze PC, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang menyangkut permainan digital pada tahun 90-an. Yap game tersebut adalah konsol Nintendo yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan permainan di Kyoto, Jepang. Nintendo merupakan sebuah konsol yang bisa dibilang masuk untuk pertama kalinya di Indonesia. Munculnya konsol yang satu ini sangat ditanggapi oleh segenap anak-anak khususnya pada game yang berjudul Mario Bross. 

Game Mario Bross merupakan sebuah game dimana seseorang yang bernama Mario pergi untuk menyelamatkan seorang Putri yang telah diculik. Untuk menjemput Putri yang telah di culik tersebut Mario pergi dengan segala cara untuk melewati semua rintangan yang telah dikirim oleh sang Penculik. Dan disini kita lah yang akan menggerakkan si Mario sampai World terakhir selesai. Keseruan dari Nintendo mungkin sirna paska dirilisnya PlayStation yang saat itu mulai masuk ke Indonesia. Dengan gambar yang lebih bersih dan bagus pada zaman tersebut, Nintendo mulai dilupakan dan banyak user dari mereka beralih ke PlayStation, tapi tidak banyak dari mereka yang masih setia dengan konsol yang sudah tiada ini. 

Dan era Handphone canggihpun datang, begitu juga dengan Komputer yang mulai banyak diminati oleh pecinta Teknologi zaman sekarang, Nintendo mulai dikembangkan agar bisa dimainkan di perangkat Hape Pintar atau sering disebut dengan Smartphone yang mengusun teknologi berbau Android. Begitu pula juga dengan PC, perangkat ini sebenarnya sudah menggarap konsol Nintendo agar bisa dimainkan di PC, dan hal itu berhasil. Keberhasilan di kedua Perangkat tersebut membuat para pecinta game Nintendo bisa bernostalgia sedikit dengan semua permainan yang tersedia.

Oke langsung saja, dan yang pertama akan saya sebutkan adalah untuk perangkat Android dimana kalian tidak perlu menggunakan Emulator lagi.



1. NES Emulator - 64in1

Yang pertama adalah NES Emulator, diketahui bahwa Aplikasi yang sudah tersedia di PlayStore ini sudah lebih dari 1 Juta User Android. Dan terbukti bagi pecinta game Nintendo NES Emulator banyak diminati. Dalam aplikasi ini kalian tidak butuh yang namanya Emulator atau Aplikasi khusus agar bisa memainkan sebuah game dari konsol tertentu. Dan saya sarankan bagi kamu untuk memiliki aplikasi yang satu ini kalau ingin bernostalgia dengan salah satu game Nintendo.


2. Jhon Nes


Jhon Nes bukan JONES ya, aplikasi ini juga tidak kalah dengan NES Emluator, dari seri grafik video bisa dibilang kalah Jhon Nes memiliki kualitas yang lebih baik daripada NES karena sepertinya perkembangan dari aplikasi yang satu ini sudah dikembangkan lebih bagus daripada yang lain. Dalam aplikasi ini kalian bisa memilih game yang kalian inginkan. Dalam aplikasi ini kalian juga bisa menyetting kualitas video game yang lebih spesifik. Jadi tinggal pilih yang mana yang akan kalian setting untuk kenyamanan kalian.


3. Nostalgia. NES

Aplikasi ini masih belum banyak yang memakai, atau bisa dikatakan masih 500 ribu User, Yah bagi para Gadgeters mungkin segitu belum banyak kalau belum mencapai satu juta user, ya. Tapi jangan dilihat dari seberapa banyak usernya, karena dengan aplikasi yang satu ini kalian bisa memainkan game Nintendo dengan isian game yang banyak. Tentunya game yang tersedia di PlayStore ini gratis untuk kalian. Dari segi mungkin aplikasi ini berbeda yang lain karena didalam game tersebut terdapat slot untuk save-an game yang masih jalan. Dari segi navigasi dan sejenisnya Nostalgia.NES juga berbeda daripada yang lain. Sepertinya yang satu menarik ya :D


Dan yang kedua untuk perangkat PC:



1. Nestopia Emulator

Nestopia merupakan sebuah software PC yang paling banyak diminati untuk memainkan game-game jadul milik Nintendo. Nestopia bisa dikatakan yang termudah karena dengan software yang satu ini kalian bisa menyesuaikan bentuk dan ukuran layar dari game yang akan dimainkan. Selain itu kelebihan dari Emulator ini sangat ringan, ukuran filenya saja hanya berkisar antara 1-2 MB. dan untuk mencari dan mengunduhnya kalian bisa mengunjungi website emuparadise atau di link berikut:  

http://www.emuparadise.me/Nintendo_Entertainment_System_Emulators/Windows/NesTopia/36. Blok link tersebut dan buka di task bar baru lalu cari file Download.

Setelah selesai mendownload, kalian bisa ekstrak file tersebut di tempat yang kalian inginkan, misalnya di Local Disk D: dan buat Folder baru, namanya terserah kalian. Kalau sudah kalian kembali lagi ke browser dan cari file gamenya. Kalian bisa download disini:

http://www.doperoms.com/files/roms/nintendo_nes/1200-in-1+%28Alt+Games%29+%5Bp1%5D.zip/623660/1200-in-1+.zip

Kalau keduanya sudah didownload ikuti langkah-langkah dibawah ini:
  •  Ekstrak game yang baru saja kalian download di tempat yang sama kalian mengsintall emulatornya, dan jangan lupa kalau file game download tersebut hanya berkisah 120 Kb. Dan kalau sudah buka file Emulator yang kalian simpan tadi, cari file bernama "Nestopia" lalu buka atau klik dua kali.




  • Kalau sudah cari file bernama Nestopia.exe.



  • Lalu kalau sudah terbuka dengan layar jendela hitam, klik file lalu cari game yang sudah kalian simpan,


  • Tidak perlu menunggu lama game nya pun akan muncul, oke selamat bermain!




Kalau kalian ingin menggunakan Joystick agar bisa memainkannya, kalian cukup klik Option, Input lalu setting. Atau lakukan seperti yang ada di gambar bawah ini.



Oke itu saja, semoga bermanfaat ya :)


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
December 6, 2016 at 5:02 PM delete

Jadi Nostalgia, nice info gan (y)

Reply
avatar