Tips Memilih Laptop Atau PC Yang Berkualitas Sebelum Membelinya

Jumpa lagi sobat Kaze PC, bagaimana kabarnya? Baik bukan? Nah untuk sekarang ini saya akan membagikan sebuah artikel yang menyangkut PC, Laptop, Notebook dan sejenisnya. Banyak dari teman-teman saya kecewa setelah mereka membeli sebuah Laptop atau PC karena setelah mengenal lebih dalam mengenai PC dan sejenisnya mereka menyesal karena tidak memilih tipe PC yang tepat. Dari segi processornya yang sudah jadul, VGA yang masih menggunakan Intel HD 3000 kebawah dan masih banyak yang lainnya. Dan sekarang saya akan share beberapa tips bagi kalian yang ingin membeli sebuah PC namun masih belum tahu menahu tentang dalamannya.

Dan berikut tips-tips yang perlu kalian perhatikan.



1. Processor

Yang pertama adalah Processor. Processor merupakan komponen terpenting dalam sebuah PC, bisa dikatakan kalau Processor tersebut merupakan otak dan inti dari komponen-komponen yang lainnya. Biasanya bagi seorang gamer atau pecinta game, mereka sangat pintar dalam memilih sebuah Processor karena kecocokan yang akan tersinkron dengan game-game HD akan lebih memuaskan. Untuk kalian yang akan membeli sebuah PC Gamer. Misalnya dalam memilih PC yang akan kalian gunakan untuk game pilihlah Processor generasi terbaru dengan kecepatan 2.5 Ghz keatas. Misalnya Intel Core i3 sampai dengan generasi terbaru yaitu Intel Core i5 dan i7 apalagi kalau kalian memilih Intel Core i7 3.5 Ghz. Hal itu akan membuat kinerja PC terhadap komponen-komponen lainnya saling terhubung. Jika kalian ingin menggunakan PC hanya untuk keseharian seperti mengerjakan tugas dan untuk sarana hiburan, kalian bisa menggunakan processor Intel Core i3 diatas 1.0 Ghz dan yang paling rendah bisa kalian gunakan pada Intel Core 2 Duo.


2. VGA

Yang kedua adalah VGA. VGA adalah sebuah komponen dimana antara Processor dengan sebuah grafik video saling bekerja satu sama lain. Bisa dikatakan bahwa VGA merupakan kunci dari hal yang berbau grafik-grafik video khusunya untuk video game. Semakin bagus kualitas dan jenis VGA, semakin baik tampilan yang akan ditampilkan. Mengandalkan sebuah Processor besar saja tidak cukup sekalipun itu Processor dari generasi terbaru yaitu Core i7 kalau VGA nya saja buruk. Tapi hal'buruk' tersebut bisa dikatakan kalau kalian hanya ingin memainkan sebuah game HD. Kalau hanya untuk keseharian biasa kalian bisa menggunakan jenis VGA bawaan Intel yaitu Intel HD Family dengan naungan Intel HD 3000 sampai dengan 4000. Dan untuk VGA jenis game, kalian bisa memilih VGA nVidia jenis 930 atau yang setaranya.


3. RAM

Random Acces Memory atau bisa dikatakan RAM merupakan sebuah tipe penyimpanan Komputer yang isinya bisa diakses dalam waktu yang tetap ataupun berkala. Diketahui bahwa RAM merupakan sebuah komponen dengan Inti Penyimpanan utama dalam sebuah PC. Semakin besar RAM yang ditampilkan dalam PC semakin besar ruang penyimpanan yang akan bisa ditampung untuk menyimpan banyaknya Aplikasi. Normalnya sebuah PC akan memiliki RAM yang standar dengan total kapasitas sebanyak 2 GB. Selain dengan total tersebut biasanya PC tersebut bisa dan memiliki slot lain sehingga RAM tersebut bisa ditambahkan maksimal sampai 8 GB. Lain hal dengan game PC yang bisa menampung total kapasitas RAM sebanyak 64 GB. Jika kalian ingin PC Game atau PC yang biasa cukup gunakan RAM yang menggunakan kapasitas sebanyak 8 GB meskipun 4 GB saja sudah cukup.


4. Hardware

Hardware biasanya terdiri dari beberapa komponen seperti Monitor dan Keyboard. Namun hal tersebut bisa dijadikan perbedaan jika hal tersebut menyangkut PC dan Laptop. Jika PC kalian harus memperhatikan Monitor dan juga Keyboard yang dibeli oleh kalian, perhatikan kalau kedua itu tidak terdapat kecacatan seperti layar bergaris dan juga tombol yang hilang dalam Keyboard. Selain hal itu ada yang lebih penting misalnya Motherboard, Processor, VGA, RAM, Cooling Pad dan sejenisnya. Biasakan diri kalian untuk mengecek  komponen tersebut jika yang kalian beli adalah sebuah PC, dan lain hal jika yang kalian adalah Laptop dan Notebook, kalian cukup memperhatikan Keyboard dan Layar Monitornya saja karena untuk Motherboard dan yang lainnya tidak bisa dicek secara terbuka atau bisa dikatakan sudah dirakit khusus dari sananya. Kalau ada kerusakan pada Laptop yang kalian beli coba bawa kembali kepada Toko yang kalian beli.


Banyak hal yang perlu kalian perhatikan selain yang saya sebutkan diatas seperti :
  • Kebutuhan, untuk membeli sebuah PC yang kalian inginkan perhatikan kebutuhan kalian. Jika kalian ingin membeli sebuah PC hanya untuk tugas dan bekerja didepan layar monitor gunakanlah saran yang saya sarankan diatas tadi
  • Garansi, pastikan barang yang kalian beli adalah yang Full Garansi dan terjamin akan keluhan dari pelanggannya. Untuk yang satu ini saya sarankan untuk membeli sebuah produk yang biasanya memberi Garansi kepada Customernya selama 2 tahun.
  • Merek dan Brand, jangan sampai salah yang dengan yang satu ini. Merk juga merupakan pilihan yang tepat saat kalian memilih sebuab produk. Untuk PC atau Laptop pilihlah brand ternama seperti ASUS atau Acer. Kedua produk itu sudah teruji kehebetan barang-barang yang sudah dipasarkannya.
  • Konektivitas, hal yang ini juga perlu. Karena konektivitas yang biasanya disajikan seperti USB dan juga HDMI merupakan sarana pokok dimana kalian akan sangat membutuhkannya untuk proses pemindahan sebuah file, install ulang via usb, penggunaan modem, penggunaan mouse dan masih banyak yang lainnya.
  • Service Center, dan yang ini juga paling penting. Kalau kalian sampai membeli produk dengan pemasaran yang minim kalian akan kesulitan jika sewaktu-waktu PC kalian mengalami error. Mungkin salah satu alternatif yang akan kalian gunakan jika PC kalian error adalah ke Toko Komputer tapi hal itu tidak terjamin mulus atau mungkin akan menimbulkan sedikit kegelisahan karena bisa saja komponen yang ada di PC kalian bisa copot atau di oprek.
Nah itu tadi ulasan tentang beberapa tips yang mungkin akan berguna kalau sewaktu-waktu kalian membeli sebuah PC, Laptop, atau Notebook. Pokoknya perhatikan apa yang sudah saya sebutkan diatas dan perhatikan PC jenis apa yang akan kalian gunakan yaitu PC Biasa atau PC Gaming. Oke semoga bermanfaat :)


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Reza BloG
AUTHOR
March 29, 2017 at 6:03 AM delete

Wah sangat membantu nih gan infonya sangat bermanfaat

Reply
avatar