Cara Mengelola dan Download File di Torrent

Siapa yang tidak mengenal kata "Download". Yap kata download atau kerap yang sering disebut Mengunduh ialah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh pengguna Internet untuk mengambil sebuah data/file yang tersimpan di Internet. Berkas-berkas yang terunduh bisa berupa file musik, video, aplikasi, document dan masih banyak lainnya. Dengan memanfaatkan sebuah hosting para developer atau peng-upload bisa mengunggah file apapun yang nantinya bisa dinikmati oleh si Pengunduh. Istilah kata bahwa kegiatan ini hanyalah sebuah pertukaran file, hanya saja pertukaran file ini memiliki pihak ketiga sebagai perantaranya. Pihak ketiga tersebut ialah sebuah hosting yang saya sebutkan tadi. Selain pihak ketiga tentunya Internet juga berperan penting dalam melakukan unduh unggah, karena memang pada dasarnya Internet lah sarana pokok agar proses berjalannya sebuah prosedur unduh unggah bisa berjalan dengan lancar.

Disamping hosting yang bertugas sebagai unduh ungguh, dunia Internet mendapati sebuah trik khusus agar proses unduh unggah bisa berjalan dengan lancar. Berbeda dengan unduh unggah yang memanfaatkan sebuah hosting, trik yang satu ini sama sekali tidak. Trik tersebut bernama Torrent. Disini fungsi Torrent ialah saling tukarnya sebuah file. Saling tukarnya sebuah file memanfaat sebuah Aplikasi bernama uTorrent, BitTorrent dan sebagainya. Hanya saja jika para pengguna Internet menggunakan trik Torrent ini kedua belah pihak (Si Pengunduh dan di Pengunggah) harus memiliki koneksi Internet diatas rata-rata. Misalnya jika si A ingin mengunduh file di si B maka kedua belah pihak harus sama-sama memiliki koneksi Internet. Meskipun yang mengunduh A tidak menutup keharusan kalau si B juga harus terhubung dengan Internet.

Sebenarnya trik ini sama seperti pertukaran file menggunakan Bluetooth, Infra Red dan juga Share It. Dan Torrent disini berfungsi dengan hal yang sama, bedanya mereka memanfaat koneksi Internet agar jangkauan file yang diunduh bisa dicapai meskipun berapapun jauhnya. Trik Torrent tersebut banyak digunakan oleh para Fansub dan developer aplikasi dan hanya bisa diakses oleh perangkat Komputer. Tapi untuk yang tidak sempat mengakses Komputer atau memang tidak punya bagaimana caranya agar file Torrent yang ingin kita unduh bisa berjalan dengan sempurna di Smartphone? Karena memang pada dasarnya Browser biasa tidak cukup hebat untuk melakukan tugas tersebut. Sebenarnya Browser mungkin bisa hanya saja ini merupakan sebuah pelanggaran dan tidak diperbolehkan sama sekali oleh Google. Sebagai contoh bahwa perangkat PC juga harus menggunakan aplikasi khusus seperti uTorrent dan BitTorrent agar bisa melakukan tugas mengunduh dan mengunggah yang bersangkutan dengan torrent.

Untuk melakukan downloading di Smartphone sangatlah sulit karena memang mengandung hak cipta khusus. Dan disini saya akan menyarankan dan sedikit tutorial agar bisa mengunduh di file Torrent. Sebenarnya uTorrent sudah disediakan di PlayStore namun aplikasi tersebut belum bisa me-manage atau mengontrol jalannya unduhan, unggah, menjeda, dan juga mengontrol untuk hal yang berbau Torrent. Berikut tutorialnya:

1. Buka Google, ketikkan Keywordnya Transdroid. Disini Transdroid tidak tersedia di PlayStore karena seperti yang saya jelaskan diatas.

2. Cari file apk tersebut, bila sudah ketemu download. Saya sarankan untuk mencarinya di web-web yang sudah teruji akan kualitas dan keaslian apk tersebut.

3. Bila sudah mengunduhnya Install aplikasi tersebut sampai selesai.

4. Buka Browser andalan kamu, cari file torrent yang ingin kamu unduh atau kamu ingin kelola. Di file ini biasanya berisi size hanya beberapa KB, ukuran kecil karena itu hanya file pengantar ke Transdroid kamu.

5. Jika file berformat Torrent sudah didownload segeralah buka file tersebut. Nanti akan ada pilihan untuk menggunakan aplikasi apa. Dan disini pilih Transdroid.

6. Aplikasi Transdroid akan terbuka dan menampilkan layar tugas yang ingin kamu lakukan. Pilih apa tugas yang kamu inginkan, misalnya saja mengunduh jadi kamu pilih Unduh atau Download.

7. Untuk mengelola file-file torrent kamu juga bisa klik pengaturan atau lihat digambar dibawah ini.







8. Selesai.

Seperti yang saya katakan bahwa aplikasi sejenis ini sudah bisa kamu nikmati di PlayStore yaitu uTorrent. Namun uTorrent tidak terlalu bisa menampilkan settingan yang lebih spesifik. Dan hanya Transdroid yang bisa melakukan untuk me-manage aplikasi Torrent. Oleh karena itu aplikasi ini tidak tersedia di PlayStore. Artinya kamu harus mengunduhnya di website-website yang menyediakannya.
Previous
Next Post »