Cara Mengatasi Lubang Speaker PC Yang Rusak

Normalnya orang-orang yang biasa bermain Komputer sangat tidak nyaman kalau PC kesayangannya itu tiba-tiba kehilangan suaranya. Bukan karena Speakernya yang rusak tapi karena lubang port plug-in nya lah yang mengalami kerusakan. Dan hal itu sangat menyegankan kamu untuk memperbaikinya di toko-toko komputer terdekat. Perlu diketahui bahwa segala sesuatu tidak harus diperbaiki secara langsung, artinya kamu bisa mencoba-coba terlebih dahulu dengan melihat berbagai tutorial yang disediakan di beberapa website atau blog. Dan nantinya saya juga akan memberikan sebuah Tips agar kamu mencoba beberapa cara agar lubang speaker PC kamu yang rusak bisa diperbaiki sendiri. Jika kamu memang tipe orang yang segan coba-coba atau takut lebih fatal kerusakannya lebih baik jangan dicoba. 

Berikut tips-tipsnya :



\


1. Mengecek Lubang Port Yang Bermasalah

Yang perlu kamu lakukan pertama-tama ialah mengecek lubang port speaker yang bermasalah. Jika port tersebut mengalami pergeseran dari tempat yang seharusnya cobalah untuk merubahnya ke posisi semula. Sebelum melakukan perubahan posisi pastikan kamu mematikan daya CPU kamu terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti konslet dan kesetrum. Didalam sebuah komponen Komputer, hal-hal yang seperti itu sangatlah sensitif jadi kamu perhatikan baik-baik. Jikalau permasalahan yang saya sebutkan masih belum bisa cobalah untuk membersihkan Port tersebut. Port atau lubang colokkan seperti itu sangat rentan terhadap debu dan alhasil port tersebut diisikan oleh debu yang menumpuk. 

Untuk membersihkannya kamu hanya perlu menggunakan Cotton Budh atau Korek Kuping. Cobalah untuk memasukkan cotton budh tersebut kedalam port speaker, jika sudah putar-putar dan tekan sampai kamu merasa semua sisi port tersebut tersentuh. Kalau memang perlu boleh kamu tambahkan minyak kayu putih atau minyak sejenisnya diujung Cotton Buth nya. Gunakan secukupnya agar dalaman komponen Port tersebut tidak mengalami kerusakan. Setelah kamu merasa hal tersebut sudah dilakukan, coba kembali masukkan kabel speaker kedalam portnya.



2. Menggunakan Channel Sound





Channel Sound merupakan sebuah komponen yang dibuat khusus apabila port speaker PC kamu memang benar-benar rusak atau sudah tidak bisa digunakan. Channel Sound ini sangat mudah digunakan, disini kamu hanya membutuhkan sebuah port USB yang kosong. Kamu bisa meletakkan CS ini dibagian depan atau belakang Port USB nya. Didalam CS ini kamu disediakan dua port lubang speaker layaknya di CPU kamu. Port yang pertama kamu bisa gunakan untuk Speaker Aktif dan yang kedua untuk port Handsfree atau Headset. Dengan Channel Sound kamu tidak perlu repot-repot datang ke toko komputer hanya untuk memperbaiki lubang port ini.

Saya sendiri sudah mengalami hal seperti ini dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan CS karena bisa dibilang simple dan tidak memakan biaya juga. Channel Sound USB ini bisa kamu temukan di toko-toko komputer terdekat, jika memang tidak ada beli lah di toko online. Dijamin kamu merasa lebih diuntungkan karena harga dari CS USB ini tergolong murah. Dan perlu kamu tahu juga, trik ini hanya bisa digunakan di perangkat CPU, artinya hanya untuk komputer.

Semoga bermanfaat :)
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Sanian Music
AUTHOR
April 26, 2017 at 5:21 AM delete

Kalo cara mengatasi lubang kencing yang mampet gimana gan? bikinin tutorialnya dong :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
March 22, 2024 at 8:06 AM delete

plug speaker rusak karna abis nerjang hujan, thx a lot, sangat bermanfaat.. mau nyoba pke CS

Reply
avatar