Mengatasi Lag Dan Macet Pada Minecraft PE Android

Minecraft merupakan sebuah game berjenis Lego yang saat ini mulai dirambah oleh kalangan anak-anak pecinta game. Didalam game ini biasanya kamu disediakan dalam dua mode pilihan, yaitu Survival dan Creative. Survival dalam Minecraft memiliki arti "Bertahan" yang artinya kamu diharuskan untuk hidup secara mandiri dalam membuat rumah, menyetok makanan, berkebun, beternak dan masih banyak lainnya. Sedangkan mode Creative disuguhkan bagi kamu dengan item-item yang bisa kamu gunakan untuk membuat rumah dan lain-lain. Bisa dikatakan kalau mode Creative kebalikannya dari mode Survival karena dalam mode tersebut kamu tidak perlu repot-repot mencari segala bahan dalam bentuk apapun.
www.info-musik.ga

Sebenarnya game Minecraft telah dipublikasikan oleh pihak Developer bernama Mojang untuk PC namun tidak lama dalam perilisannya, game yang satu ini mulai merambah pada perangkat Smartphone berbasis Android. Dalam perilisannya untuk Android, game ini bisa diunduh dengan cara berbayar namun pihak-pihak user yang biasa mendownload Aplikasi gratis menjadi berbayar dapat membobolnya sehingga Aplikasi game yang satu ini mudah ditemukan di website atau blog-blog berbasis game .apk. Alih-alih merambah kedunia Smartphone, pihak Minecraft menambah beberapa embel-embel Pocket Edition agar para pengguna Minecraft PC dan Android tidak saling tertukar.

Dalam memainkan game yang satu ini banyak dari penggunanya berkeluh suara karena Minecraft yang telah terinstall dalam perangkat Smartphonenya terjadi lag, macet atau sejenisnya. Dan hal ini sungguh mengganggu jalannya bermain ketika asik-asiknya. Dalam kasus ini kamu perlu tahu apa saja yang menjadi penyebab terjadinya lag pada Minecraft Pocket Edition milik kamu :




1. Terlalu Banyak Menyimpan World. Didalam kasus ini  kamu tidak perlu menyimpan banyaknya World karena hal ini hanya akan membuat Smartphone kamu overload dan terlalu makan banyak Memory. Hasilnya saat kamu memainkan World yang kamu inginkan malah jadi lag dan macet-macet.


2. Terlalu Banyak Membuat Suatu Bangunan. Terlalu banyak membuat suatu bangunan atau suatu tempat juga mempengaruhi proses berjalannya Minecraft dalam Smartphone kamu. Jika kamu lebih suka bermain Survival maka buatlah bangunan atau tempat secukupnya saja.


3. HP Tidak Direkomendasi. Penyebab terjadinya lag pada sebuah Minecraft juga bisa karena Hapenya juga. Semakin rendah spesifikasi Smartphone kamu, semakin buruk juga proses berjalannya game Minecraft ini. 


4. Banyaknya Aktivitas di MinecraftBanyaknya aktivitas di Minecraft bisa membuat game yang satu berjalan dengan lambat. Sebut saja Zombie, Creeper, Skeleton, Villager dan masih banyak lainnya. Semakin banyak mereka, semakin lambat pula Minecraft yang kamu jalankan.

5. Banyaknya Aplikasi Yang Berjalan. Banyaknya aplikasi yang berjalan di background juga berpengaruh karena kinerja Smartphone jadi terbagi untuk banyaknya Aplikasi. Jadi hal tersebut bisa mengurangi performa dalam bermain game kamu.



Jika masalah yang kamu alami bisa disimpulkan dari penyebab yang saya sebutkan diatas maka hal itu bisa dibenarkan bahwa dengan banyaknya membuat suatu World, Smartphone dengan kualitas spek yang rendah, banyaknya aktivitas yang terjadi pada suatu World dan terlalu banyak membuat suatu bangunan bisa menjadi akibat kalau hal tersebut berpengaruh dalam kinerja Smartphone kamu. Namun jika hal tersebut masih belum bisa diatasi coba lah untuk mengubah pengaturan grafik videonya. Langkah-langkahnya bisa kamu lihat disini:

1. Buka Minecraft PE kamu, pastikan tidak ada aplikasi yang berjalan di luar layar. Jika ada hilangkan terlebih dahulu.

2. Klik 'Setting', jika sudah klik pilihan 'Video'.

3. Didalam Video tersebut aturlah GUI Scale menjadi Maximum.

4. Lalu matikan atau Unceklis pilihan View Bobbing, Fance Graphyc, Beautiful Skies, Hide GUI.

5. Untuk pilihan Show Advanced Video Setting harus dicentang dan pilihlah pengaturan FOV. Kurangi jarak FOV dari 20 hingga 70 persen.

6. Jika masih dibutuhkan, install lah Texture Pack untuk versi Minecraft kamu. Cari Texture Pack yang ringan agar proses game Minecraft bisa berjalan dengan lancar. 

Kalau semuanya masih terasa lag. Buatlah World baru dan hapus semua World yang tidak penting bagi kamu. Maksimal jika ingin menyimpan World ialah 2 hingga 3 saja. Dan itu semua juga berpengaruh pada Spesifikasi Android kamu. Oke itu saja, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
August 9, 2020 at 3:24 AM delete

Terimakasi ini sangat membantu

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
August 9, 2020 at 3:28 AM delete

Kak tolong jawab tapi pas saya mau masuk kok bisa keluar sendiri

Reply
avatar